Mengapa Belajar Bahasa Inggris Penting Buatmu?


With languages, you are at home everywhere - Edmund de Waal

Sejak dulu, saya sangat suka belajar bahasa. Menurut saya, dengan belajar bahasa, saya bisa bermain-main dengan kata, dan itu sangat menyenangkan sekali. Saya bisa menuliskan apa yang saya rasakan dengan cara yang indah dan itu membantu saya untuk lebih memahami diri sendiri.

Lama kelamaan, bukan sekadar bahasa ibu saya saja, tetapi saya juga menyukai bahasa-bahasa dari negara lain. Bahasa asing pertama yang saya pelajari adalah Bahasa Inggris. Pelajaran ini menyenangkan, tetapi tidak semua orang menyukainya. Pernah ada beberapa orang yang mengaitkan kegemaran akan Bahasa Inggris dengan kurangnya nasionalisme.

Kamu bisa saja merasa malas belajar Bahasa Inggris dengan alasan "mencintai Bahasa Indonesia". Namun alasan itu kurang bijak. Pasalnya, saat kamu singgah ke suatu negara dan kamu sama sekali tak bisa berbicara dengan bahasa yang digunakan oleh negara tersebut, kamu akan merasa terasing. Seindah apapun negara itu, kamu tak akan nyaman karena kamu tak bisa menyampaikan keinginanmu.

Ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Edmund de Waal, seorang penulis asal Inggris, bahwa dengan (menguasai) berbagai macam bahasa, kamu akan merasa bahwa semua tempat adalah rumahmu. Kamu dapat berinteraksi dengan banyak orang dan mengenal budaya-budaya mereka. Kamu juga dapat berbagi tentang budaya negara kita. Kamu akan diterima. Dan keinginanmu akan tersampaikan dengan baik. Bukankah itu tujuan utama dari komunikasi? Jadi, tanpa penguasaan bahasa, komunikasi akan gagal.

Dimulai dari Bahasa Inggris

Dunia akan sangat ramah kepadamu apabila kamu adalah poliglot alias seseorang yang memiliki kemampuan berbagai bahasa. Namun tidak efektif mempelajari banyak bahasa dalam satu waktu yang sama. Ada beberapa orang yang berhasil, tetapi diperlukan konsistensi dan fokus tinggi agar otak tidak merasa kebingungan.

Untuk dapat menjadikan hampir seluruh sudut di dunia sebagai rumahmu, kamu bisa memulainya dengan belajar Bahasa Inggris. Apa alasannya? Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Ini tidak dapat dilepaskan dari kekuasaan Bangsa Inggris di masa lampau yang mampu menjajah banyak negara dan menjadikan negara-negara tersebut sebagai negara persemakmuran.

Kamu bahkan tidak perlu selalu pergi ke tempat kursus untuk bisa menguasai Bahasa Inggris. Di zaman yang modern ini, kamu bisa kursus Inggris online. Ya, kamu dan sang guru, berinteraksi melalui aplikasi semacam Whatsapp dan sebagainya.

Dengan mengikuti kursus Inggris online, kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Tidak terbatas ruang dan waktu. Kamu bisa belajar sembari menonton serial Netflix favoritmu atau sambil bersantai di kamar. Tidak ada penghalang lagi untuk bisa menuntut ilmu sepenuhnya.

Kamu bisa melihat referensi kursus Inggris online tepercaya dan terpadu di sini.

Post a Comment

0 Comments