Dari Valak hingga Lucifer, Sosok-Sosok Iblis dalam Berbagai Kisah Fiksi



Sudah sejak lama iblis menjadi sosok yang mengusik ketenangan jiwa manusia. Dalam agama-agama samawi, iblis dianggap sebagai sosok yang bertanggung jawab dalam bobroknya moral masyarakat. Dari Hitler hingga Pol Pot, sosok iblis selalu dikaitkan dengan kekejaman tanpa ampun yang mereka lakukan.

Iblis juga bisa menjadi elemen yang meneror dalam film horor. Pada berbagai film horor, iblis yang diceritakan sombong mau-mau saja repot turun ke Bumi lalu susah payah melakukan berbagai hal yang melelahkan, mulai dari menjelma jadi penampakan-penampakan seram, sampai merasuki para manusia.

Topik tentang iblis memang bukan hal yang menyenangkan untuk dibahas, tetapi layaknya horor yang membuat takut tapi sukses jadi candu, banyak orang yang terlalu ingin tahu dengan sosok-sosok iblis dalam berbagai literatur. Sosok-sosok ini pun dijabarkan dengan jelas dalam film-film horor ternama, termasuk yang mampu merenggut hati dan nyali penonton di tahun 2018. Siap berkenalan dengan sosok-sosok dari kegelapan?

1. Paimon

Kamu yang sudah menonton Hereditary? Bila jawabannya iya, maka kamu mungkin tidak akan asing lagi dengan sosok Paimon, entitas iblis yang dipuja-puja oleh nenek dalam film tersebut dan membawa sial serta kematian pada keluarganya.

Berbanding terbalik dengan teror yang dia berikan terhadap umat manusia, Paimon digambarkan sebagai sosok yang tampan. Paimon merupakan pelayan setia Lucifer, satu dari delapan raja di neraka. Paimon menjanjikan kemakmuran kepada para pemujanya.

2. Valak

Dalam The Conjuring 2 dan The Nun, sosok Valak digambarkan sebagai iblis berwajah mengerikan dengan busana biarawati. Namun sebenarnya, Valak dipercaya sebagai sosok iblis dengan badan serupa anak kecil. Mungkin hampir sama dengan Eros/Cupid, tetapi dalam versi yang jahat.

Pada kedua film waralaba tersebut sosok Valak sejatinya bukan benar-benar biarawati. Valak adalah iblis yang berpura-pura menjadi biarawati untuk menggoyahkan iman, menebar teror, bahkan membunuh mereka yang melawan iblis.

3. Baphomet

Film Indonesia juga tak mau kalah dalam memasukkan elemen keiblisan dalam cerita. Sebelum Iblis Menjemput, meminjam nama dan sosok Baphomet, iblis bertanduk yang menawarkanmu harta yang berlimpah di dunia tetapi dengan konsekuensi yang berisiko tinggi.

Bukan hanya dalam Sebelum Iblis Menjemput, Timo Tjahjanto juga pernah menampilkan sosok Baphomet dalam segmen Safe Haven dalam film horor omnibus V/H/S/2

4. Lucifer

Sosok Lucifer banyak hadir di berbagai media, contohnya seperti dalam film Constantine. Lucifer dipercaya sebagai nama lain iblis sebelum diusir dari surga karena kesombongannya.

Lucifer digambarkan sebagai sosok yang memesona namun angkuh. Baginya, tak ada yang lebih hebat daripada dirinya sendiri. Itulah alasan bagi Lucifer untuk membunuh sang anak dalam Constantine.

Uniknya, ada satu serial yang menggambarkan Lucifer sebagai sosok protagonis. Serial besutan Netflix itu berjudul Lucifer, dan menceritakan kisah tentang Lucifer yang turun ke Bumi dan membantu memecahkan berbagai kasus kejahatan. Keputusan itu didasarkan pada kejenuhan Lucifer menjadi 'penguasa' di neraka.

5. Mammon

Masih dalam film Constantine, Mammon diceritakan sebagai anak Lucifer. Mammon termasuk dalam salah satu pangeran neraka.

Mammon merupakan simbol kekayaan dan keserakahan. Diyakini mereka yang terlalu bernafsu mengejar gelimang harta dunia merupakan orang-orang yang telah dipengaruhi oleh Mammon.

Percayakah kamu? Takutkah kamu? Mungkin ada baiknya kamu lebih takut kepada dirimu sendiri, karena seperti kata novelis Oscar Wilde: kita adalah iblis-iblis bagi diri kita sendiri, dan kitalah yang membuat dunia ini bak neraka.

Foto: Google

Post a Comment

0 Comments