Menggambarkan Kehidupan dalam Dua Kata


Manusia adalah makhluk yang bertanya. Sebab seperti kata Socrates, "Satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa Anda tidak mengetahui apa-apa." Bukankah sejatinya manusia hanyalah makhluk kosong? Kita selalu menanyakan apapun, terutama mengenai kehidupan. Seberapa lama pun kita hidup, segalanya tetaplah misteri, bukan? Syukurnya, Tuhan menghadiahi akal yang bisa kita gunakan untuk menimbang-nimbang.

Mungkin iya, banyak ilmuwan yang sudah membuat gagasan, berhasil menemukan beberapa jawaban atas secuil teka-teki. Namun tetap saja, itu hanya potongan kecil. Masih sangat banyak rahasia yang belum ada titik terangnya.

Kehidupan sangatlah rumit, bukan? Banyak hal yang harus kita pahami, tapi belum bisa.

Lalu, bagaimana jika kamu disuruh untuk menggambarkannya menjadi dua kata? Kata apa yang akan kamu pilih untuk mewakili hidup yang selama ini kamu jalani?

Bagi kami, hidup adalah PELAJARAN dan PILIHAN. Apa alasannya?

Pertama, hidup adalah tentang belajar. Kalau dalam istilah pendidikan, sering kita sebut long life education. 

Tanpa kita sadari, sejak lahir hingga mati, hidup adalah tentang belajar. Walau kamu seorang pemalas sekalipun, kamu tetap menjalani hidup dengan berproses. Yang menjadi penentu adalah seberapa sederhana kamu belajar sesuatu. Semakin sederhana hal yang kamu pelajari, itu artinya semakin kecil pula perubahan yang akan kamu alami. Kamu akan menghabiskan seumur hidupmu untuk belajar.

Kedua, hidup adalah perihal memilih.

Memang benar, jangankan memilih, dalam menjalani kehidupan saja kita diberi batasan-batasan. Mungkin kamu merasa dituntut harus melakukan sesuatu yang memaksamu untuk tidak bisa memilih. Namun, tetap saja hidup adalah pilihan. Kamu diberi kemampuan untuk menentukan hidupmu sendiri. Entah itu pilihan besar yang akan membentuk hidupmu di masa depan seperti mau kuliah di mana, mau kerja apa, mau menikah dengan siapa. Atau pilihan-pilihan kecil seperti mau masak apa nanti, mengenakan baju biru atau merah, puasa atau makan saja, buka hp atau tidak, dan lain-lain. Semua adalah pilihan. Kamu bisa memilih untuk menaati peraturan atau melanggarnya, menindas orang kecil atau membantunya. Bukankah yang demikian juga termasuk pilihan? Bahkan saat kamu memutuskan untuk tidak memilih, itu juga pilihan. Kamu diam saja itu juga pilihan.

Maka, tak salah jika kami bilang bahwa hidup adalah tentang pelajaran dan pilihan.

Kalau menurutmu, apa arti kehidupan dalam dua kata?

Post a Comment

0 Comments