A Ghost Story: Hantu yang Terikat Oleh Kenangan





Malam Sabtu, ada yang mungkin masih lupa cara melupakan? Hmm, cobalah menonton A Ghost Story (2017). Dari gambarnya, sekilas film ini terlihat mengerikan. Ya, film ini memang berkisah tentang hantu, tetapi betul-betul jauh dari kata mengerikan, bahkan membuat kita sedikit terharu dan mengingat banyak hal yang pernah kita lewati.

A Ghost Story berkisah tentang seorang musisi dan istrinya yang hidup di Dallas, Texas. Suatu hari, musisi itu tewas karena kecelakaan dan sang istri menutupi jasadnya dengan kain putih, maka jadilah dia hantu kain putih lucu layaknya hantu kanak-kanak. Dan ya, saat dia mencoba untuk masuk ke pintu kayangan, pintu itu tertutup dan dia menjadi hantu yang gentayangan.
Dalam masa gentayangannya, hantu itu tak bisa pergi ke mana-mana. Dia tetap tinggal di rumah itu, melihat istrinya, kekasih baru istrinya, cemburu, gusar, dan melihat hantu sebelah rumah yang tujuannya hanya menakut-nakuti para penghuni. Saat rumah tetangga itu dirobohkan, hantu sebelah itu pun hilang. Namun apa pun yang terjadi pada rumah si hantu musisi, dia tetap tak dapat pergi ke akhirat.

Apa alasannya? Karena dia masih terikat dengan istrinya. Keterikatannya pada dunia itu membuat pintu akhirat tak terbuka untuknya. Sementara itu, hantu rumah sebelah hanya punya tujuan menakut-nakuti penghuni, sehingga saat rumah itu dirobohkan, selesai pula tujuan gentayangannya.


Belajar dari sang hantu musisi, barangkali ada hati yang masih kamu gentayangi dan membuat hidupmu tak tenang? Mungkin itu tentang mantan kekasihmu, mungkin itu tentang orang yang kamu benci, tetapi siapa pun itu, belajarlah untuk melupa dan memaafkan. Rasanya mungkin akan sakit sejenak. Namun pada akhirnya, kamu akan merasakan indahnya kebebasan.

Post a Comment

0 Comments