Iqra': Sebuah Perintah Untuk Membaca




Iqra'. Perintah pertama dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Mungkin beberapa di antara kita akan bertanya-tanya: apa maksud perintah itu? Nabi Muhammad SAW sendiri pada saat itu tak bisa menulis, apalagi membaca.

Dilansir dari Republika, Rektor Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ) Lebak Bulus, Nasaruddin Umar mengatakan bahwa ada berbagai makna iqra'. Pertama, iqra' yang benar-benar bermakna membaca ayat-ayat Allah dalam Alquran. Kedua, mendalami Alquran. Ketiga, menghayati dan mengamalkan. Dan yang terakhir, menyingkap tabir-tabir yang ada di dalamnya.

Sementara itu, kata iqra' sendiri terdiri atas tiga huruf: qaf, ra, dan hamzah. Ketiga huruf itu, bila dibolak-balik penempatannya, maka akan menimbulkan makna yang berbeda-beda, tetapi masih saling berkesinambungan.
Bila hamzah diletakkan di depan, maka akan timbul kara 'aqarra yang maknanya mengakui atau tenang. Bila huruf ra ditaruh di tengah, maka akan muncul kata 'ariqa yang artinya sulit tidur/gelisah.

Maka, bisa dimaknai seperti ini: apabila kamu tidak membaca, maka kamu tidak akan tenang. Dan apabila kamu tidak tenang, maka kamu akan sulit tidur. Jadi, membacalah, agar hidupmu tenang.

Dikutip dari Tirto, Syeikh ‘Abdul Halim Mahmud, yang merupakan mantan pemimpin tertinggi Al-Azhar Mesir, mengatakan seperti ini: “Membaca di sini adalah lambang dari segala apa yang dilakukan oleh manusia, baik yang sifatnya aktif maupun pasif. Kalimat tersebut dalam pengertian dan jiwanya ingin menyatakan 'bacalah demi Tuhanmu, bergeraklah demi Tuhanmu, bekerjalah demi Tuhanmu'. Maka, kata iqra' punya makna yang amat dalam. Bukan sekadar membaca secara harfiah, tetapi memahami secara dalam. Membaca kitab suci, membaca keadaan, membaca membaca diri kita sendiri. Tentu supaya kita menjadi pribadi yang bijak dan tak mudah murka akibat sesuatu yang bahkan tak betul-betul kita ketahui kebenarannya.

Sumber:

https://www.academia.edu/4847281/Arabic_Etymological_Dictionary
https://tirto.id/memahami-kata-iqra-dan-pelajaran-membaca-dari-abbas-mahmud-cqGX
https://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/16/04/14/o5lo3u385-empat-makna-iqra-dalam-alquran

Post a Comment

0 Comments