Renovasi Rumah Esta




(#Difiksikan adalah segmen cerita fiksi yang diangkat dari kisah nyata. Sebuah analogi, bisa jadi. Kisah nyata yang mana? Bisa saja yang hangat diperbincangkan, atau mungkin, kisah nyata dari mana saja. Bukankah dalam fiksi, kenyataan bisa didaur-ulang dan diubah?)


Esta adalah seekor keong dengan rumah yang biasa-biasa saja. Suatu hari, dia menghadiri perkumpulan para keong dari seluruh sudut kota. Betapa terkejutnya Esta! Pasalnya, keong-keong ini punya rumah-rumah keren.

Ada keong dengan pendingin ruangan di rumahnya. Bahkan ada rumah dengan eskalator sehingga keong tersebut bisa naik ke puncak rumahnya sendiri tanpa perlu susah-susah.

Ini sesuatu yang mengecilkan citra Esta!Maka, sepulang dari pertemuan, Esta meneguhkan hati untuk satu hal: renovasi rumah.

Awalnya, renovasi rumah berjalan dengan menyenangkan. Esta mengumpulkan bahan-bahan yang ada, mulai dari bebatuan warna-warni sampai cat dan serpihan kacau untuk memperelok rumahnya.

Ah, rumah keong Esta sudah jauh lebih baik! Esta menghela napas lega. Namun, kepuasan tak berhenti sampai di situ.

Esta kemudian kembali merana karena melihat beberapa tetangga keong dengan rumah mereka yang tak kalah gila. Rumah lapis baja anti-predator. Rumah dengan baling-baling. Gila kerennya! Masalah bukan ada pada tenaga Esta, tetapi uangnya.

Dengan mata hati yang buta, Esta kemudian membeli banyak barang di toko. Tidak cukup sampai di situ, Esta juga meminta tolong pada rayap-rayap pembangun rumah untuk membuat rumahnya lebih bagus dan fungsional daripada keong lain.

Esta meminta pendingin ruangan.
Esta meminta televisi mini.
Esta meminta besi pengaman rumah.
Esta juga meminta lift untuk sampai ke puncak. Di puncak, ada baling-baling yang bisa membuat semua siput mampu terbang setidaknya setinggi capung!

Esta kini punya rumah siput yang bagus. Namun, semua uang hasil kerja keras Esta di ladang..habis tak bersisa. Bahkan,  ia masih punya utang pada Don, seekor rayap mandor yang membantunya membuat rumah.

Dan itu adalah beban yang harus ditanggung Esta berbulan-bulan. 
Mau pesan moral? Tentu saja memaksakan sesuatu yang baik, akan membuat hal baik itu tidak jadi baik lagi.

Post a Comment

0 Comments