Menghadapi Quarter Life Crisis




Beberapa waktu yang lalu, Mingraf sempat mendapatkan pertanyaan begini : bagaimana sih cara menghadapi quarter life crisis alias krisis usia dua puluh lima tahun?

Hmm, sebelumnya, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan quarter life crisis? Dilansir dari Alodokter, sindrom quarter life crisis adalah salah satu fase hidup,dan bukan penyakit.

Namun jangan salah! Meskipun awalnya bukan penyakit, banyak orang yang akhirnya kesulitan mengontrol diri, belum lagi ditambah dengan pengaruh buruk dari lingkungan, akan membuat kalian menjadi depresi bahkan melakukan hal-hal di luar kendali yang merugikan banyak pihak, termasuk diri sendiri.

Penyebab Quarter Life Crisis
Apa sih penyebab quarter life crisis? Seperti yang sudah disebutkan tadi, ada banyak pemicunya. Kalau mau disimpulkan, kurang lebih seperti ini:
  • Lingkungan tidak mendukung
  • Ambisi diri yang berlebih
  • Masalah keluarga
  • Terlalu banyak tenggelam dalam kisah hidup orang lain di media sosial
  • Bingung dengan masa depan 

Dalam sesi #Saraf, ada seseorang yang curhat bahwa mungkin, dia terkena quarter-life crisis. Hmm, keadaan ini diawali oleh kecemasan berlebih tentang apa yang akan terjadi di dalam hidupnya.

Tentu ini bukan hal yang menyenangkan. Bahkan hal ini bisa membuat hidup menjadi berantakan.

Bagaimana Cara Menghadapi Quarter Life Crisis?
Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi sindrom ini. Nah, simak video kami untuk tahu caranya ya:


Dengan kontrol diri yang baik, maka sindrom ini bisa menghilang secara berangsur-angsur. Namun, kalau kamu merasa bahwa sindrom ini sulit hilang, jangan ragu untuk menghubungi psikolog atau psikiater ya.

Post a Comment

0 Comments