Perjalanan



Suatu saat nanti, kamu akan mati. Begitu pula saya, dia, dan mereka. Ini merupakan suatu hal mutlak, dan manusia kerap kali mengkhawatirkan hal tersebut.


Kita semua takut mati. Padahal, kematian adalah hal yang paling pasti.


Kita berusaha sekuat tenaga untuk bertahan hidup. Sebuah hal yang wajar, sebetulnya. Hanya saja, dalam prosesnya, kita sering melupakan satu hal : menikmati hidup.


Bayangkan kamu sedang dalam sebuah perjalanan liburan. Apa yang kamu sukai hal tersebut? Tentu hal-hal menarik yang kamu temui saat berlibur. Mungkin hutan tropis. Mungkin pasar rakyat. Mungkin draimolen raksasa. Museum. Mal. Opera. Air terjun. Salju. Menara.


Kamu tahu bahwa hanya dalam beberapa hari, liburan itu akan berakhir. Kamu akan kembali pada realita. Namun, kamu tetap suka liburan. Orang-orang rela menghabiskan banyak uang untuk liburan.


Ini bukan masalah abadi atau tidak, tetapi masalah momen. Hidup adalah sebuah liburan. Suatu saat, semua itu akan berakhir. Hanya saja, yang paling penting bukanlah sekuat tenaga membuat umurmu panjang, tetapi bagaimana caramu menikmati hidup ini.


Bedanya, kamu tak tahu kapan 'liburan' ini berakhir. Kalau sudah begini, bukankah lebih baik kamu nikmati saja hal-hal yang ada di dalam hidupmu, sebelum pada akhirnya kamu sudah tak dapat menikmatinya lagi?


Berjuanglah untuk hidup lama. Namun, jangan lupakan esensinya : bahwa hidup sejatinya juga untuk dinikmati dan untuk membuat orang lain bisa menikmatinya bersamamu.


Ingin menceritakan kisah hidupmu dan dibaca di seluruh dunia? Tinggalkan cara lama, beralihlah ke cara baru. Bukumu bisa terbit di Play Store bersama Graf, gratis desain sampul untuk paket standar. Hanya Rp30.000,00 pesan sekarang juga melalui Whatsapp 085-781-069-761

Post a Comment

0 Comments