Mengatasi Stress Bagi Penulis

Menulis dapat menyembuhkan. Namun, menulis terlalu banyak bisa membuatmu merasa depresi. Hal ini kerap terjadi kepada mereka yang menjadikan penulis sebagai profesi. 


Berbagai Profesi di Dunia Penulisan

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa ada banyak profesi di dunia penulisan, mulai dari penulis novel, penulis konten website, wartawan, copywriter, technical writer, UX writer, dan sebagainya. 


Para penulis itu kerap dikejar target, bahkan menulis sesuatu yang sebetulnya tidak ingin mereka tulis. Maksudnya, apa yang ditulis bukanlah berdasarkan suara hati mereka. Mereka menulis sesuai pesanan. 


Penulis-penulis dengan jam terbang tinggi sudah bisa mengatasi writer's block, bahkan menulis tanpa memikirkan ketertarikan dengan topik yang mereka tulis. 


Tentu saja hal ini terjadi karena mereka sudah memiliki pengetahuan yang luas dan keluwesan dalam menulis bahkan di bawah tekanan. 


Masalahnya, akan datang masa di mana mereka akan merasa stress, bahkan depresi. Kondisi ini terjadi lantaran ide-ide mereka dikuras setiap hari. Jika kering, mereka harus menambang ide-ide baru di sumur ide yang kering itu. Proses ini kadang membuat pikiran menjadi tidak karuan, apalagi di tengah tenggat. 

Cara Mengatasi Stress

Saat kamu mengalami kondisi semacam ini, kamu harus berhenti. Tidak selamanya, tetapi sejenak. Beri waktu untuk berbicara dengan dirimu sendiri. Beri waktu dirimu untuk rehat. Tonton hal-hal yang menarik. Lakukan hobimu. Tidur, jika perlu. 


Selain itu, kamu harus bisa mengetahui kapasitas diri kamu. Berapa banyak kata yang bisa kamu tulis dalam sehari? Berapa proyek yang bisa kamu pegang? Jangan maruk dalam mengambil pekerjaan. Selain bisa stress, kamu berpotensi melanggar tenggat. 


Kemudian, berkonsentrasilah saat menulis. Jangan menulis sambil melakukan pekerjaan lain, kecuali kamu memang mampu melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu dan kamu nyaman atas hal itu. 


Beri jeda pada dirimu. Jangan tekan dirimu terlalu keras. Konsistenlah. Dan yang terpenting, fokus.



Post a Comment

0 Comments